Translate

Selasa, 08 Januari 2013

KEBUTUHAN MANUSIA DAN PEMENUHANNYA




 Kebutuhan manusia
            Kebutuhan manusia timbul akibat dari adanya sesuatu yang belum terpenuhi dan individu tersebut merasa bahwa sesuatu itu haruslah dipenuhi dalam arti lain adalah bahwa individu tersebut mempunyai goal yang harus dicapai dan untuk mencapai goal tersebut  Menurut Schiffman dan Kanuk (2000), kebutuhan individu bersifat innate dan yang lainnya dirasakan karena acquired. Innate needs atau kebutuhan utama adalah kebutuhan secara fisiologis seperti sandang, pangan, papan, air, perlindungan, dsb. Kebutuhan ini harus dipenuhi karena menyangkut kelangsungan hidup dari individu.
            Sementara itu, acquired needs atau biasa disebut kebutuhan sekunder adalah kebutuhan dimana individu yang didapatkan dari proses learning dalam meresponsnya terhadap budaya dan lingkungan dari individu tersebut.

            Jadi, kebutuhan manusia dapat bersifat natural maupun berupa hasil learning yang didapat dan dipengaruhi oleh lingkungan dan budaya dari individu tersebut. Kebutuhan manusia yang bersifat natural ini adalah kebutuhan yang harus dipenuhi oleh individu untuk melangsungkan hidupnya. Sedangkan, kebutuhan manusia yang timbul karena adanya proses learning merupakan kebutuhan yang sesungguhnya bukanlah diperlukan untuk kelangsungan hidup individu namun kebutuhan ini haruslah dipenuhi individu karena lingkungan maupun budaya di tempat individu tinggal mengharuskan individu untuk berperilaku sesuai dengan nilai budaya tersebut yang akhirnya dapat membuat tujuan agar dirinya dapat diterima di lingkungan tersebut. Tujuan yang dibuatnya tentunya akan membuat individu itu harus melakukan sesuatu agar tujuannya tercapai dan disitulah muncul adanya acquired needs.

Pemenuhan Kebutuhan

            Kebutuhan-kebutuhan individu itu sesungguhnya tidak dapat dipenuhi secara mutlak. Namun, individu merasakan bahwa individu tersebut merasa kebutuhannya dipenuhi dengan adanya pengurangan tensi yaitu pengurangan tensi untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ketika individu semakin banyak mengkonsumsi atau menggunakan sesuatu yang menurut individu dapat memenuhi kebutuhannya, maka tensi dari individu untuk memenuhi kebutuhan serupa akan semakin berkurang sehingga dengan sendirinya individu merasa bahwa tidak perlu lagi untuk memenuhi kebutuhan serupa karena dirinya sudah merasa bahwa kebutuhannya sudah terpenuhi.
            Dalam pemenuhan kebutuhan yang sama, terkadang individu melakukan cara-cara yang berbeda. Perbedaan cara untuk memenuhi kebutuhan yang sama ini tergantung dari proses learning dan proses cognitive yang dialami individu tersebut. Selain itu, pemenuhan kebutuhan yang sama dengan cara yang berbeda disebabkan adanya perbedaan goal atau need fulfillment. Oleh karena itu, terkadang produk tertentu yang dapat memuaskan salah satu individu, belum tentu dapat memuaskan individu lainnya karena ada perbedaan tersebut.

























Tidak ada komentar:

Posting Komentar